Categories: BERITARAGAM

Bus Listrik Transjakarta, Speknya Anti Banjir Harganya Capai Rp5 Miliar

Beritaneka.com — Banyak yang penasaran dengan spesifikasi dan fitur bus listrik Transjakarta. Pada tahap awal bus ini melayani empat rute, yaitu Terminal Senen-Bundaran Senayan, Tanah Abang-Terminal Senen, Blok M-Tanah Abang, dan Ragunan-Blok M. Armada bus didatangkan dari China dengan merek BYD. Seperti apa spesifikasi dan fitur bus listrik Transjakarta ini?

Bus listrik Transjakarta merupakan BYD tipe K-9 low deck dengan panjang 12 meter mampu memuat 50 penumpang, yakni 33 penumpang duduk dan 17 berdiri. Bus dilengkapi baterai berkapasitas 324 kWh dan jangkauan maksimal 250 kilometer per hari.

Bus ini memiliki sistem pengisian daya model DC plug in dengan durasi pengisian daya sekitar 1,5 sampai 2 jam. Kehadirannya selain mengurangi emisi, juga diklaim dapat menurunkan polusi suara 28 persen dibandingkan kendaraan armada konvensional.

Baca Juga:

Tilang Seluruh Ganjil Genap di Jakarta Mulai Berlaku 13 Juni 2022

KPK Bikin Percontohan 10 Desa Antikorupsi

Fiersa Besari hingga God Bless Siap Manggung di PRJ, Cek Harga Tiketnya

Citra Dewi, Dokter Cantik Pemilik PO Bus Mewah Ini 26 Tahun Tinggal di Hotel

PPKM Masih Diperpanjang, Level 1 Berlaku di Seluruh Jawa Bali

Operasional bus juga diklaim lebih hemat biaya energi hingga 62 persen. Sistem pemadaman kebakaran bekerja otomatis pada komponen kritikal. Bus listrik Transjakarta ini juga memiliki fitur anti banjir.

Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan fitur tersebut sudah diuji dan hasilnya lolos uji ketahanan banjir.

“Untuk antisipasi banjir, bus ini sudah lolos uji. Semua terkait banjir, kecelakaan, sudah kita uji sehingga semuanya bisa diantisipasi. Tentu semua merek yang ada harus lolos uji dari tempat kami,” ujar Yana, dalam keterangan persnya.

Armada bus listrik Transjakarta memiliki harga bukan kaleng-kaleng mencapai Rp5 miliar per unit. Untuk saat ini bus masih didatangkan secara utuh (CBU) langsung dari China.

Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

11 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

11 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

11 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

11 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

11 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

11 bulan ago