Categories: BERITA

Hari Ini Masa Kampanye Pilpres 2024 Dimulai, Berikut Agenda Lengkapnya

Beritaneka.com—Hari ini Selasa (28/11/2023) masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) dalam rangkaian Pemilu 2024 dimulai. Terdapat tiga pasangan calon yang bakal merebut suara menjadi calon presiden dan calon wakil presiden untuk masa kepemimpinan Indonesia lima tahun mendatang. Tiga pasangan tersebut adalah Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Jadwal kampanye Pemilu 2024 telah tercantum dalam Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.Menurut peraturan tersebut, hari pertama masa kampanye calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) dimulai pada Selasa (28/11/2023).

Berikut rangkuman jadwal kampanye capres dan cawapres pada hari pertama ini,

  1. Pasangan AMIN atau Anies-Imin

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan akan mengawali rangkaian kampanye Pilpres 2024 dari Jakarta pada hari pertama. Sementara itu, pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan memulainya di Surabaya, Jawa Timur. Pemisahan agenda tersebut, kata Anies Baswedan, memang sengaja agar lebih efektif menjangkau masyarakat yang lebih luas.

  1. Pasangan Prabowo-Gibran

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto juga akan mengawali kampanye Pilpres 2024 di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). “Kami kick-off di sekitar Jabodetabek,” kata Prabowo, kemarin.

Prabowo menuturkan, timnya akan berbagai tugas dalam kampanye pertama (hari ini).

  1. Pasangan Ganjar-Mahfud

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan memulai masa kampanye Pilpres 2024 di ujung timur Indonesia, Papua.

Sementara, pasangannya, Mahfud MD akan menggelar kampanye di ujung barat, Aceh. “Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh. Dari timur ke barat kita bergerak,” kata Ganjar,

Menurut Ganjar Pranowo, pihaknya telah siap melaksanakan masa kampanye yang akan dimulai Selasa (28/11/2023).

Menurut Ganjar Pranowo, pihaknya telah siap melaksanakan masa kampanye yang akan dimulai Selasa.

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta 18 partai politik (parpol) telah resmi mendeklarasikan kampanye damai untuk Pemilu 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, pada Senin (27/11/2023).

Jadwal Kampanye Pilpres 2024

Berikut jadwal kampanye Pilpres 2024 berdasarkan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 selengkapnya:

– Pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024: kampanye berupa kegiatan pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran alat peraga kampanye kepada umum. Serta akan ada debat pasangan calon presiden, dan calon wakil presiden, dan kampanye media sosial.

– Pada 21 Januari 2024 hingga 10 Februari 2024: kampanye rapat umum. Serta juga iklan melalui media massa cetak, elektronik, dan online.

– Pada 11 Februari 2024 hingga 13 Februari 2024: merupakan masa tenang. Di mana apapun kegiatan berbentuk kampanye itu dilarang.

– Pada 2 Juni 2024 hingga 22 Juni 2024: masa kampanye putaran kedua Pilpres.

– Pada 23 Juni 2024 hingga 25 Juni 2024: masa tenang Pilpres putaran kedua.

Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

11 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

11 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

11 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

11 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

11 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

11 bulan ago