Categories: BERITA

Kemenperin Luncurkan Laptop Chromebook Buatan Indonesia

Beritaneka.com—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan laptop Chromebook buatan dalam negeri dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40 persen.

Laptop Chromebook tersebut diberi nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wifi dan Chromebook C120 untuk versi Wifi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan agar laptop produksi dalam negeri bisa bersaing dari gempuran produk impor, Kemenperin membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait.

Baca Juga:

Will Smith Raih Oscar Pertamanya, Ini Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2022..

“Antara lain PT. Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT. Sat Nusapersada, dan PT. Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem bernama Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET),” kata Menperin Agus dalam keterangan resmi, Senin (28/3/2022).

Menperin Agus berharap, IMC-ET dapat terus berkolaborasi dengan stakeholders lainnya dalam mengembangkan ekosistem laptop dalam negeri.

“Kemenperin juga akan secara intens akan menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset untuk dapat bekerja sama guna memperdalam struktur industri elektronika, khususnya untuk memproduksi laptop,” ujar Menperin.

Di samping itu, ia akan berupaya mewujudkan Indonesia mampu memproduksi semikonduktor untuk memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri. Sebab, semikonduktor banyak digunakan sektor elektronika dan otomotif.

“Kami mengajak para pelaku usaha untuk duduk bareng membuat roadmap dalam upaya memproduksi semikonduktor untuk kemandirian industri di dalam negeri,” ucapnya menambahkan.

PT Tata Sarana Mandiri (TSM), bermitra dengan PT Satnusa Persada Tbk, (PTSN) Batam, memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal hasil kolaborasi dengan Indonesia Manufacturing Center (IMC) Kemenperin.

Selain itu, yang juga perlu dipacu adalah menciptakan Original Design Manufacturer (ODM) laptop dalam negeri.

“Dengan munculnya ODM-ODM dalam negeri akan tercipta kemandirian di industri laptop dalam negeri,” tandasnya.

Sementara Chairwoman PT TSM Yovita Bellina, menyampaikan generasi Chromebook 4G LTE yang diluncurkannya telah dilengkapi modul selular tertanam (built-in) 4G LTE. Dengan demikian, pengguna dapat mengoperasikannya di mana pun asalkan terhubung dengan jaringan broadband selular.

“Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022,” ungkap Yovita.

Ia menambahkan, pihaknya ingin membuktikan bahwa perusahaan akan mendukung penuh pemerintah dalam membangun kompetensi teknis serta kemandirian riset dalam negeri.

“Riset dan pengembangan tersebut dijalankan secara penuh oleh TSM, diproduksi dan dipasarkan melalui kolaborasi dengan para mitra,” katanya.

Di sisi lain, Google mengaku mendukung produksi Chromebook dalam negeri sebagai bentuk komitmen pada pengembangan teknologi di Indonesia dan kebijakan TKDN.

“Kami menyambut baik mitra terbaru kami, Qualcomm dan TSM, yang memproduksi Chromebook LTE pertama di Indonesia. Kami yakin produk ini dapat memenuhi kebutuhan perangkat pendidikan, khususnya di daerah-daerah dengan jangkauan internet yang terbatas,” kata Country Lead Google for Education, Olivia Husli Basrin.

Ia mengatakan, dengan bermitra bersama pabrikan dalam negeri, Google dapat terus berkontribusi dalam pengembangan kapasitas dan keahlian sumber daya manusia untuk ekosistem software dan hardware, serta meningkatkan kapasitas riset dan pengembangan nasional.

Hal ini dapat mendukung kemajuan industri teknologi Indonesia dapat terwujud. Google sendiri telah bermitra dengan lima pabrikan dalam negeri sejak 2021 untuk memproduksi Chromebook yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan pendidikan dengan fitur aksesibilitas dan keamanan maksimal.

Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

6 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

6 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

6 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

6 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

6 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

6 bulan ago