Categories: RAGAM

Muhammadiyah Luncurkan UMPlaza, Aplikasi Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa

Beritaneka.com—Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah melaunching UMPlaza-edu.id aplikasi pembelajaran kewirausahaan mahasiswa.

Retor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, langkah entrepreneur university terus digencarkan. Menurutnya kewirausahaan merupakan kombinasi yang tidak bisa dipisahkan, antara pengetahuan, sikap, dan perilaku.

“Kita sudah siapkan 28 program studi yang telah menyediakan kuliah kewirausahaan. UMP memfasilitasi langkah baru perjalanan dari kewirausaan. Dari UMP yang ditranformasi ke bentuk digitalisasi system,” kata Rektor, seperti dilansir dari laman resmi Suara Muhammadiyah, Selasa (16/11).

Baca juga: Sumpah Pemuda, Muhammadiyah: Generasi Muda Kekuatan Perekat Indonesia

Dijelaskan, UMPlaza-edu.id ini akan menjadi pembelajaran agar cinta produk Indonesia, memutar barang, membeli barang dari Indonesia untuk Indonesia.

“Ini langkah maju. Selain dari teman-teman Fakultas Ekonomi Bisnis, sebagai pilot project UMPlaza-edu.id hingga akhirnya bisa dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa dan masyarakat umum. Kita betul-betul berniat untuk belajar tentang entrepreneur, memiliki sikap yang kuat tentang entrepreneur dan mempraktekan itu melalui teknologi saat ini yang ada di UMP,” jelasnya.

Baca juga: Amalkan Pancasila, Muhammadiyah Minta Rezim dan Oposisi Berada di Posisi Moderat

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP Dr Naelati Tubastuvi SE MSi mengatakan, mahasiswa bisa memanfaatkan marketplace untuk bisa bertransaksi dan mempromosikan produk sehingga gerakan bela beli produk sendiri bisa berjalan dengan baik.

“Selain sebagai tempat untuk bertransaksi, di FEB juga sedang mreintis BMT FEB. Dengan BMT FEB ini nanti berkolaborasi dengan UMPlaza-edu.id. Harapannya ini akan berkelanjutan, dengan adanya kewirausahaan, UMPlaza-edu.id ini akan terus berkembang untuk seluruh mahasiswa dan masyarakat umum,” tandasnya.

Redaksi Beritaneka

Share
Published by
Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

6 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

6 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

6 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

6 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

6 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

6 bulan ago