Categories: BERITA

Pemerintah Optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Tahun Depan

Beritaneka.com, Jakarta —Pemerintah optimistis proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa beroperasi paling lambat pada bulan Juni 2023 mendatang. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung bersama Presiden China Xi Jinping secara virtual di Bali, Rabu (16/11/2022).

“Tadi kita telah melihat penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan saya optimistis kereta cepat ini dapat beroperasi di bulan Juni di 2023,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden China Xi Jinping mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan bentuk nyata kerja sama antar kedua negara.

Baca Juga:

“Semua ini adalah pencapaian nyata yang tidak hanya memberikan kesejahteraan kepada rakyat kedua negara, tetapi juga mendatangkan hasil positif di tingkat regional maupun global,” kata Xi Jinping.

Jokowi dan Xi Jinping menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara virtual dari Bali, Rabu (16/11/2022). Proses uji dinamis dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Kota Bandung dari total keseluruhan panjang lintasan 142,3 kilometer.

Kecepatan uji coba kereta melaju dengan kecepatan terbatas hingga maksimal 80 km per jam. Adapun kecepatan operasi maksimum KCJB yakni 350 km per jam. Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mempersingkat perjalanan dari Jakarta ke Bandung menjadi hanya 40 menit saja.
Operasional kereta cepat akan melewati sembilan kabupaten/kota dan berhenti di 4 stasiun, yaitu Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

6 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

6 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

6 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

6 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

6 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

6 bulan ago