Categories: BERITA

Wapres: Atasi Krisis Pangan dengan Inovasi Pertanian

Beritaneka.com, Jakarta—Ketahanan pangan menjadi salah satu pilar penting di tengah krisis ekonomi yang melanda dunia. Pemanfaatan teknologi di bidang pertanian memegang andil besar dalam mewujudkan ketahanan pangan. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat meninjau Guler Farm Nature, di Desa Kandawati, Tangerang, Banten, Rabu (5/10/2022).

“Ternyata ketika kita menghadapi pandemi dan menjelang krisis pangan, bantalannya adalah pertanian,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres menambahkan, Indonesia kaya akan komoditas. Yang diperlukan hanyalah cara untuk terus berinovasi agar hasil produksi pertanian dapat berlimpah. “Di Papua Barat terdapat lebih dari 125 macam pisang. Itu di Papua Barat saja. Artinya, kita itu kaya sekali, tetapi kurang dikembangkan. Oleh karena itu, saya berharap terus dikembangkan. Jangan ada lahan yang tidur dan jangan ada tenaga yang nganggur,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Baca Juga:

Saat berada di Guler Farm Nature, Wapres mengapresiasi ide untuk mengubah lahan persawahan seluas 3 hektare menjadi tempat wisata merakyat yang menawarkan pesona pemandangan persawahan, dilengkapi dengan percontohan sistem digital farming dan rumah kaca sebagai edukasi kepada masyarakat, titik swafoto yang instagrammable, restoran, dan coffee shop.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan akan terus mengembangkan inovasi pertanian di seluruh daerah di Indonesia. “Wapres selalu perintahkan agar jangan cuma di tempat itu, di sekitarnya juga (dibangun). Kami siap,” kata Mentan Syahrul.

Mentan melaporkan, ketahanan pangan di Indonesia saat ini cukup baik dan telah diakui dunia. “Rice research international memberikan penghargaan kepada Presiden atas resiliensi dan sistem food security (keamanan pangan) di Indonesia,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Redaksi Beritaneka

Recent Posts

Gunung Marapi Erupsi, 11 Pendaki Meninggal 12 Hilang

Beritaneka.com—Gunung Marapi yang berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami…

8 bulan ago

Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

Beritaneka.com—Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat…

8 bulan ago

Sebanyak 204 Juta Data Pribadi Pemilih di KPU Bocor Dibobol Hacker, Dijual Rp1,2 Miliar

Beritaneka.com—Sebanyak 253 juta data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) bocor dibobol hacker. Namun setelah…

8 bulan ago

Tax Payer Community: People Power sampai Boikot Pajak Bisa Hentikan Genosida Gaza

Beritaneka.com—Demonstrasi berupa unjuk rasa besar-besaran warga masyarakat dunia telah berlangsung di pelbagai belahan dunia, bahkan…

8 bulan ago

Megawati Ingatkan Penguasa Jangan Kembali Masa Orba

Beritaneka.com—Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada penguasa untuk tidak kembali pada masa Orde Baru…

8 bulan ago

KPK Tidak Beri Bantuan Hukum ke Firli Bahuri

Beritaneka.com—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak memberi bantuan hukum kepada Firli Bahuri (FB) yang saat…

8 bulan ago